Sistem Conveyor

Sistem Conveyor sama seperti transportasi yang di rancang secara efisien secara jaringan / pergerakan barang sehingga dapat menurunkan biaya dan mempercepat pengiriman, aliran material yang sistematis memobilisasi dan mengubah inventaris. Solusi aliran material yang efektif memastikan customer memiliki apa yang mereka butuhkan, di mana dan kapan di butuhkan.

Sistem konveyor menggabungkan berbagai jenis proses seperti gabungan ikat pinggang, roller, roda dan rantai, sesuai dengan jenis yang berbeda aplikasi. Gabungan tersebut dapat melakukan gerakan vertikal, horisontal maupun sudut kemiringan tertentu. Sistem konveyor ini di gerakkan dengan listrik serta memanfaatkan gaya gravitasi sebagai sumber daya yang murah. Sistem konveyor di sebut juga slider bed, mirip tempat tidur yang bergerak yang di dukung oleh besi berbentuk silinder yang berguna untuk mengurangi gesekan pada barang. Jika barang yang melalui konveyor berukuran besar, maka harus di gunakan konveyor yang di lengkapi motor dengan tenaga listrik.

Lingkungan bisnis yang kompetitif saat ini membutuhkan biaya distribusi yang efektif dan responsif. Konveyor dapat menurunkan biaya dan meningkatkan efisiensi. Setiap jenis pergerakan barang yang berulang-ulang dan di lakukan lebih dari beberapa kali, layak di lakukan dengan mekanisasi. Semakn tinggi volumenya maka semakin besar keuntungannya, dan anda mendapakannya dengan menggunakan solusi konveyor.

Aktifitas di gudang dengan Sistem Conveyor antara lain:

 

➽ Kegiatan menerima dan mengirim barang, di mana konveyor dapat di gunakan dalam penerimaan dan pengiriman untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi waktu perputarann transportasi.

➽Sebagai alat transportasi dari barang-barang, konveyor tidak hanya dapat mengangkut barang dari tempat A ke B, tetapi juga dapat menambah nilai dengan mengautomatisasi proses seperti proses timbang, pengepakan/packing. Konveyor dapat memberikan akumulasi yang bertindak sebagai penyangga untuk penyimpanan. Dengan penggunaan konveyor untuk mengurangi kerusakan produk dan meningkatkan ergonomi penanganan material.

Baca Juga  Belt Sistem Conveyor

➽Pemenuhan pesanan untuk produk yang bergerak cepat membutuhkan lebih banyak inventaris di jalur untuk pengambilan barang dan akses yang lebih fleksibel untuk operator. Pesanan barang dapat di pisahkan dan di ambil / picking menjadi tote atau karton / kardus, yang di pindahkan di antara zona gravitasi atau transportasi dengan konveyor. Ketika pesanan selesai, konveyor mangambil tote atau karton ke area pengiriman. Produktivitas dan througput yang tinggi bisa di capai dengan proses pengambilan barang / picking barang secara langsung dari konveyor.

➽Mezzanines yang di lengkapi dengan konveyor dapat mempercepat pemindahan produk dari satu tingkat ke tingkat yang lain, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Manfaat dari Sistem Conveyor di bidang manufakur :

 

Solusi untuk membantu transportasi, buffer/penyangga, picking/pengambilan barang, dan distribusi barang. Solusi konveyor memberi nilai tambah, yaitu menurunkan biaya, mempercepat pengiriman, dan menawarkan tingkat layanan yan lebih tinggi dengan akurasi yang lebih besar, menyediakan customer dan pemasok dengan kontrol yang lebih baik

➽Penanganan akhir dengan pilihan transportasi konveyor
Ketika barang-barang dari manufaktur keluar dari jalur produksi, barang-barang tersebut di kemas dalam karton atau peti untuk penanganan dan transportasi. Cara paling efisiensi untuk penanganan dan mengangkut produk jarak jauh adalah dengan konveyor. Ada berbagai macam sistem konveyor yang sesuai karakteristik produk dan persyaratan kinerja yang berbeda.

➽Solusi untuk pembuatan palet manual dan otomatis
Tingginya biaya tenaga kerja dan semakin terbatasnya penanganan secara manual membuat solusi konveyor semakin di minati. Solusi ini dapat di andalkan sepanjang waktu dan dapat menangani karton secara satuan atau karton palet dalam aplikasi throughput yang lebih tinggi.

➽Solusi penanganan terhadap beban unit
Sistem konveyor menyediakan solusi legkap untuk menangani beban unit berdasarkan throughput, pengambilan dan pengiriman yang di butuhkan. Palet konveyor otomatis adalah metode pengangkutan beban unit yang cepat, akurat dan andal untuk penyimpanan atau pengiriman.