Fungsi dan kegunaan besi beton ulir

Fungsi dan kegunaan besi beton ulir yang merupakan salah satu jenis dari besi beton. Secara umum, besi beton terdiri dari dua jenis yaitu besi beton polos dan besi beton ulir. Sesuai dengan namanya, jenis besi yang satu ini memang memiliki bentuk ulir di semua sisi besi yang ada.

Corak spiral yang ada di besi ulir punya fungsi khusus yang tidak dimiliki di besi beton polos. Uliran yang ada memberikan daya lekat dan penopang yang kualitasnya jauh lebih tinggi dibanding dengan besi polos.

Untuk penggunaannya dalam sebuah konstruksi sebenarnya keduanya (ulir dan polos) bisa digunakan secara bersamaan. Jenis besi ulir dapat mengait dengan baik, dan besi polos yang akan membungkus besi ulir dengan posisi memanjang.

Tidak ada yang lebih baik selain besi ulir untuk menjadi perekat antara material cor dan rangka yang disusun pada sebuah pembangunan. Oleh karena itu banyak konstruksi yang mengandalkan penggunaan besi ulir dalam bangunannya. Apalagi ada banyak percobaan yang dilakukan menunjukkan kalau besi ulir jauh lebih kuat dibanding dengan besi polos.

Selain itu, besi beton ulir juga bisa berfungsi untuk beragam pembangunan gedung tinggi. Besi beton ulir tepat untuk digunakan sebagai kerangka utama dalam struktur penyusunan bangunan.

Penggunaan besi beton ulir dalam sebuah pembangunan bisa digunakan untuk memberikan ikatan yang sempurna pada bagian-bagian tertentu. Dengan ikatan yang kokoh membuat pembangunan yang ada lebih kokoh dan kuat sehingga sangat cocok untuk bangunan bertingkat.

Tidak hanya pada konstruksi residensial, untuk konstruksi jembatan pun besi beton ulir bisa berfungsi dengan baik. Besi beton ulir bisa diandalkan untuk kebutuhan pembangunan gedung maupun konstruksi lain yang berskala besar.

Baca Juga  Kelebihan Besi Beton