Teknik pabrik minyak kelapa kopra

Adapun teknik pabrik minyak kelapa kopra yang bisa anda lakukan dalam pembuatannya agar bisa menghasilkan minyak kelapa kopra yang terjamin sekali. Seperti dengan cara pengeringan dengan sinar matahari dengan cara buah kelapa segar atau yang sudah telah disimpan dikupas dan dibelah menjadi dua, kemudian dijemur pada posisi miring/tengkurap untuk membuang air kelapa. Maka setelah airnya kering, belahan kelapa tersebut dijemur pada posisi telentang. Maka selanjutnya anda melakukan penjemuran 2-3 hari, daging buah dan tempurung kelapa dipisahkan, kemudian penjemuran dilanjutkan tanpa tempurung kelapa selama ±5 hari lagi. Untuk mendapatkan kopra dengan mutu baik, dibutuhkan cuaca kering minimal 5 hari berturut-turut. Kopra yang dikeringkan dengan sinar matahari disebut kopra kering matahari atau dalam dunia perdagangan dikenal dengan copra sundried.

industri minyak kelapaDan anda ingin mencegah kopra gar tidak kotor maka anda melakukan pengeringan dengan membuat tempat atau wadah dari bedebgan bamboo, rak, atau dijemur di atas lantai semen. Umumnya tidak seluruh proses pembuatan kopra dilakukan dengan penjemuran, seringkali akhirnya pengeringan dilanjutkan dengan alat pengering. Dengan cara ini diperoleh keuntungan bahwa buah kelapa yang bagian permukaannya sudah kering tidak mudah kotor jika diasapi, dan pengasapan tersebut memberikan daya tahan terhadap kebusukan serta waktu pengeringan lebih singkat.

Bahan dasar pabrik minyak kelapa kopra

Adapun bahan dasar pabrik minyak kelapa kopra yang perlu anda lakukan pada saat anda ingin mmebuat kopra yaitu daging buah kelapa yang telah berumur 160 hari dan mulai terbentuk dan pada umur 12 bulan buah menjadi masak .Komposisi buah kelapa masak optimal adalah sabut, tempurung, daging buah , dan air buah .Kadar air buah segar sekitar. Komposisi kopra diharapkan harus mempunyai komposisi yang bermutu terbaik adalah air, minyak, protein, karbohidrat,mineral, dan serat . Daging buah muda dan le-at masak biladiolah menghasilkan kopra dengan mutu dan produksi rendah.

minyak kelapa indonesiaMaka sebab itu anda harus memilih bahan dasar dengan tepat sekali. Walaupun ada juga pengolahan secara tradisional yang perlu anda lakukan dan Tahap dan tahap pengolahan cara tradisional belum sepenuhnya mendasarkan pada proses yang sebenarnya berlangsung dalam tahap tersebut. peralatan yang perlu anda gunakan umumnya tidak tepat atau tidak dapat sepenuhnyamengarahkan proses menuju ke terbentuknya si/at bahan yang dikehendakikonsumen atau pemakai. Dan tingkat proses yang berlangsung umumnya tidak diperiksa secara kuantati. Itulah proses yang dilakukan secara tradisinal maupun modern sekalipun yang terpenting bahan dasarnya juga sangat tepat sekali.