Sejarah Celana Sirwal

Sejarah Celana SirwalSalah satu pakaian trend remaja muslim masa kini, memakai celana sirwal. Pengganti sarung ini menjadi praktis digunakan untuk beribadah. Selain bersih, karena batas celana di atas mata kaki, juga bisa menjadi trend remaja, karena saat ini banyak motifnya.

Celana Sirwal memiliki ciri-ciri lebar/gombrong ( tidak sempit ) dan memiliki panjang antara betis sampai diatas mata kaki. Celana sirwal ini dipakai oleh laki-laki untuk berbagai macam aktifitas baik acara resmi maupun non resmi. Berbagai variasi sirwal saat ini, dari sirwal kantor sampai sirwal biasa.

Sejarah Sirwal

Sirwal adalah jenis celana yang sudah ada sejak dahulu, menurut sumber wikipedia, celana cingkrang ini awalnya dipakai di negara-negara muslim seperti Arab saudi, turki dan negara-negara muslim lainnya di timur tengah. Selain itu juga , ternyata celana sirwal juga dipakai oleh sebagian masyarakat pedesaan di Yunani

Sedangkan di Indonesia, celana ngatung model sirwal ini banyak dipakai oleh masyarakat sejak lama seperti celana bela diri, celana pakaian betawi, celana pakaian adat sunda, celana penjual sate madura dan banyak lainnya. Tidak diketahui pastinya, asal mula celana model ngatung ini dipakai di Indonesia.

Sejak masa kerajaan islam dahulu celana cingkrang/ celana sirwal ini sudah banyak di gunakan oleh umat islam dan ini telah menjadi sebuah hal yang biasa bagi masyarakat timur tengah, namun belum termasuk masyarakat asia termasuk indonesia. Karena masih banyak sekali masyarakat yang menganggap orang yang memakai celana sirwal sebagai kaum yang kurang bergaul.

Terlepas dari itu semua yang jadi masalah nya apakah hukum dari memakai celana sirwal? apakah hukumnya sunnah atau wajib, mubah atau makruh, sombong atau tidak nya,namun taukah anda ketika seseorang memakai celana sirwal dia telah mendapat beberapa keutamaan di antaranya:

Memakai celana sirwal lebih mendekati sunnah

Untuk point pertama yang saya jelaskan mungkin banyak orang yang setuju dan banyak pula orang yang tidak setuju namun dalam penjelasannya ada di hadist di bawah ini:

Sabda Nabi shallallahu‘alaihi wa sallam,

ما أسفل من الكعبين من الإزار ففي النار

“Kain yang panjangnya di bawah mata kaki tempatnya adalah neraka” (HR. Bukhari 5787)

dan ada beberapa hadist yang sifatnya lebih umum yang melarang perbuatan isbal

Dari larangngan yang bersifat umum ini kita telah memetik beberapa kaidah yang mana di perbolehkannya seseorang memakai celana sirwal dan ini termasuk dalam sunnah Rasulullah.

Lalu pertanyaannya kenapa memakai celana sirwal ini lebih nyunnah?
mungkin anda akan bertanya seperti itu yah ,? baik lah akan saya jelaskan di penjelasannya di bawah ini:

Jawabanya karena memakai celana sirwal ini merupakan sebuah jalan keluar dari perselisihan antara banyak ulama tentang celana sirwal ini.

kenapa seperti itu? karena tidak ada satu ulamapun yang melarang memanjangkan kain sampai hanya sebatas mata kaki, sementara jika menjulurkan kain/celananya di bawah mata kaki sudah jelas ada kemungkinan pelarangannya, seperti yang telah di sebutkan di atas.

Maka oleh karena itu memakai celana sirwal lebih mendekatkan ke sunnah.

Namun jika ada seseorang yang memakai celana sirwal/ celana cingkrang namun sombong maka jelas itu tidak boleh karena sombong merupakan perbuatan tercela.

Ada banyak tempat untuk membeli celana sirwal dengan harga murah di internet, salah satunya pusatcelanasirwal.com adalah di yang mejual aneka busana muslim syar’i ini terdapat berbagai jenis sirwal antara lain sirwal Army, sirwal tempur dan sirwal biasa.