Proses Frp lining pada kapal

Sekarang ini ada juga proses FRP lining pada kapal yang produknya terdiri dari resin, bahan penguat fiberglass dan additive (bahan tambahan ) yang digabung dan diproses agar dapat performance yang spesifik, sesuai kebutuhan. FRP ini banyak digunakan baik untuk perabot rumah tangga maupun industri besar, sampai kapal laut. Untuk kapal ikan ukuran besar, FRP sudah banyak digunakan oleh perusahaan perikanan, tetapi untuk kapal ikan ukuran kecil, FRP masih sedikit jumlahnya. Kapal dari FRP mempunyai harga yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kapal yang terbuat dari kayu , tetapi juga dapat menjadi alternatif dengan sulitnya ketersedianya kayu yang memenuhi persyaratan bahan pembuatan kapal.

frp lining 4Oleh sebab itu FRP pada dunia kapal sudah tidak asing lagi sehingga banyak sekali perusahaan yang memakai proses tersebut dan pengerjaan dengan sebaik – baiknya. Apabila kapal menggunakan FRP lining maka kapal tersebut digunakan sebagai Kapal cepat, diproses dengan system sandwich laminating yang akan menghasilkan suatu bentuk konstruksi kapal yang kokoh tetapi ringan dan merupakan satu kesatuan yang utuh karena dicetak dengan sistem hand lay up untuk lapisan fiberglassnya, dimana lapisan demi lapisan serta ketebalan tiap bagian dikerjakan sesuai persyaratan/peraturan yang lazim dipakai untuk jenis konstruksi material fiberglass dengan tekhnologi modern. Sedangkan untuk pemasangan sandwichnya menggunakan pneumatic vibrator roller atau dengan system vacum baging agar lapisan frp bagian luar dan lapisan bagian dalam benar-benar menyatu sempurna.

Pembuatan frp lining kapal

Adapun proses pembuatan FRP lining kapal yang berkapasitas 14 m untuk mencegah terjadinya kondisi cuaca ekstrim dan untuk meningkatkan hasil tangkapan yang lebih banyak, maka penulis berinisiatif merencanakan sebuah kapal dengan kapasitas yang cukup besar berkisar 5 GT dan memiliki tingkat stabilitas lambung yang optimal untuk menahan dari tingginya gelombang yang terjadi ditengah laut. Agar pembangunan dapat terealisasi dengan tepat, maka dibutuhkan aspek teknis perencanaan yang terukur demi kelangsungan proses kinerja dilapangan. Adapun aspek teknis perencanaan tersebut meliputi penentuan data utama, rencana garis (lines plan), rencana umun (general arrangement), kontruksi gading-gading, penggambaran bukaan kulit, dan stabilitas kapal. Dari hasil perencanaan didapat untuk kapal berkapasitas 5 GT didapat dimensi kapal dengan panjang keseluruhan (LOA) 10 m, lebar (B) 2,2 m, tinggi 1,1 m dan sarat 0,5 m serta panjang bangunan atas 2,3 m, lebar 1,3 m dan tinggi 1,5 m. Dengan dimensi tersebut kapal memiliki stabilitas yang cukup baik dengan dibuktikannnya kata pass dari hasil running pada program hydromax.

frp lining 5Oleh sebab itu kenapa Tangki Frp lining pada kapal sangat dibutuhkan sekali sehingga anda jangan merasa khawatir tentang kondisi kapal tersebut. Sekarang ini kapal frp yang berukuran besar FRP sudah banyak digunakan oleh perusahaan perikanan, tetapi untuk kapal ikan ukuran kecil, FRP masih sedikit jumlahnya.Kapal dari FRP mempunyai harga yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengankapal yang terbuat dari kayu , tetapi juga dapat menjadi alternatif dengan sulitnya ketersedianya kayu yang memenuhi persyaratan bahan pembuatan kapal. Oleh sebab iti kenapa FRP lining sangat diperlukan sekali dalam pembuatan kapal tersebut dan menghasilkan penangkapan yang baik terhadap ikan tersebut.