Menggunakan alat pemadam

Bila anda ingin menggunakan alat pemadam maka lebih baik anda menggunakan dengan kualitas yang terbaik dan harga yang terjangkau sekali demi kebutuhan anda.Pastinya setiap rumah harus memiliki alat pemadam yang bisa anda letakkan pada area dapur anda. Lebih baik anda memilih alat pemadam dengan ukuran, kelas yang dapat mengacu pada berat kimia pemadam kebakaran atau biaya yang akan anda keluarkan. Biasanya untuk kelas ini mengacu pada jenis kebakaran pemadam yaitu kelas A yaitu bahan yang mudah terbakar antara lain kayu, kertas, dan kain. Untuk menentukkan biaya terdiri dari air berkarbonasi yang murah dan memadai untuk tugas dan jika anda gunakan terhadap kebakaran minyak maka air bertekanan akan menyebarkan minyak terbakar. Ada juga jenis kebakaran kelas B untuk digunakan pada cairan yang mudah terbakar termasuk lemak, minyak, bensin, dan bahan kimia lainnya dan biasanya biaya terdiri dari bubuk natrium bikarbonat ( baking soda ).

pemadam 1Untuk kelas C adalah pemadam yang disebabkan untuk kebakaran listrik dan kebanyakan mengandung kering ammonium fosfat dan ada juga pemadam kelas C yang mengandung gas halon tetapi sekarang ini sudah tidak diproduksi lagi dan untuk digunakan untuk di rumah karena dapat memberikan efek yang buruk sekali karena halon terdapat pada lapisan ozon bumi. Pemadam halon yang dibuat biasanya direkomondasikan untuk anda gunakan di sekitar peralatan elektronik mahal seperti komputer dan televisi. Karena gas halon dapat menyelimuti api, mencekik dan kemudian menguap tanpa meninggalkan residu kimia yang dapat merusak peralatan. Tetapi selain kelemahan yang didapatkan ada juga keuntungan memakai halon dengan memperluas daerah – daerah yang sangat suilit untuk dijangkau dan sekitar penghalang, pendinginan api ditempat – tempat alat pemadam lainnya yang tidak bisa menyentuh.

Alat pemadam berdasarkan kelas

Jika anda menggunakan alat pemadam anda juga harus memperhatikan kelas yang terbagi menjadi 5 kelas yaitu kelas A yaitu alat pemadam kebakaran yang dinilai untuk kebakaran yang memiliki segitiga hijau dengan A ditengah dan alat pemadam jenis ini sangat cocok sekali bila anda gunakan untuk memadamkan api untuk bakar umum seperti kertas, kain , karet dan beeberapa plastic. Kelas B adalah alat pemadam kebakaran yang dinilai untuk kelas B yang memiliki persegi merah dengan B ditengah dan pemadam ini sangat tepat sekali bila anda gunakan untuk memadamkan kebakaran untuk cairan yang mudah terbakar seperti bensin. Minyak pelumas, bahan bakar diesel dan pelarut organic yang bisa anda temukan di lab. Kelas C alat pemadam kebakaran yang dinilai untuk kelas C kebakaran yang memiliki lingkaran biru dengan C ditengah dan pemadam ini digunakan untuk memadamkan kebakaran listrik ntu peralatan energy listrik, motor listrik, panel sirkuit, switch dan sebagainya.

pemadam 3Kelas D alat pemadam kebakaran yang dinilai untuk kebakaran kelas D yang emmiliki pentrgram kuning dengan D ditengah dan cocok sekali digunakan untuk memadamkan kebakaran dari logam dan paduan logam seperti titanium, natrium dan magnesium, kelas K alat pemadam kebakaran yang bisa anda gunakan secara khusus untuk memasak kebakaran dari minyak, lemak, dan minyak goring. Itulah ke lima jenis kebakaran berdasarkan tipe baik dari kelas A, B, C, D, dan K maka oleh sebab itu kenapa seseorang harus memilih alat pemadam yang sangat tepat sekali agar bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan anda untuk informasi lebih lengkap silahkan anda hubungi perusahaan kami karena kami akan memberikan solusi yang terbaik untuk anda dan budget yang sesuai dengan anda baik untuk rumah, perusahaan maupun tempat umum lainnya yang sangat penting sekali untuk menggunakan alat pemadam kebakaran.