Lemari Asam Fume Hood

Lemari Asam Fume Hood Sebelum kita ulas mengenai apakah itu yang dimaksud dengan lemari asam, kita akan membahas mengenai laboratorium. Laboratorium atau sering disingkat dengan lab adalah sebuah tempat riset ilmiah untuk melakukan eksperimen, pengukuran maupun pelatihan ilmiah dilakukan. Laboratorium dibuat guna mempermudah dan juga memungkinkan dilakukannya aktivitas-aktivitas riset yang ada tersebut  dan dapat terkendali. Laboratorium ilmiah dapat dibedakan menurut disiplin ilmunya, seperti laboratorium fisika, laboratorium kimia, laboratorium bahasa, laboratorium biokimia dan adapula laboratorium komputer.

Laboratorium dalam penelitian ilmiah memiliki beraneka ragam bentuk karena adanya suatu perbedaan dalam persyaratan spesialis yang ada pada berbagai bidang sains dan tekniknya. Laboratorium fisika mungkin dapat berisi tentang akselerator partikel maupun bejana vakum, sementara dalam laboratorium metalurgi dapat berisi peralatan untuk pengecoran, pengolahan logam atau peralatan dalam menguji kekuatannya. Bagi ahli kimia atau biologi pastinya juga membutuhkan laboratorium khusus. Sementara di laboratorium psikolog dapat berisi ruangan. Yakni dengan adanya cermin satu arah dan juga CCTV untuk dapat mengamati perilaku.

Di beberapa laboratorium yang ada, komputer/kadang-kadang superkomputer akan digunakan sebagai alat simulasi ataupun analisis data yang dikumpulkan pada tempat lain, seperti biasa digunakan oleh seorang ilmuwan komputer. Ilmuwan di bidang lainnya tentunya juga akan menggunakan jenis laboratorium sesuai dengan bidangnya. Insinyur akan menggunakan laboratorium guna merancang, membangun, dan untuk menguji perangkat teknologi yang telah dibuat. Laboratorium ilmiah juga dapat ditemukan antara ruang penelitian dan pembelajaran di sekolah dan juga universitas, pemerintah, industri, ataupun fasilitas militer, dan juga bahkan di atas kapal/pesawat ruang angkasa. Bila di laboratorium kimia akan banyak berisi dengan alat-alat laboratorium yang digunakan sebagai alat pengujian, contohnya seperti Lemari Asam.

Lemari Asam Fume Hood Laboratorium

Lemari asam fume hood kayu merupakan suatu peralatan ventilasi lokal yang didesain dengan sedemikian rupa untuk mengurangi paparan langsung dari gas berbahaya dan uap beracun, maupun debu. Lemari asam secara umumnya merupakan sebuah peralatan laboratorium yang rata-rata berukuran besar, dengan kabinet bawah yang digunakan sebagai penahan/meja. Peralatan lokal ventilasi yang sering dipakai di laboratorium diantaranya adalah seperti: kabinet udara bersih, kabinet biosafety, dan juga kotak inokulasi. Semua peralatan ini adalah peralatan-peralatan guna mengontrol pengaruh udara yang sangat berbahaya yang dapat membahayakan baik itu untuk personil, bahan penelitiannya, maupun peralatan laboratorium. Fungsi dari lemari asam sendiri khususnya adalah untuk melindungi personil dari bahaya terhirupnya gas beracun selama dalam proses pengujian dalam riset maupun saat pembelajaran di laboratorium.

Lemari asam ini terdiri dari 2 jenis : yakni ducting dan juga ductless (tanpa ducting). Prinsip kerja lemari asam ini juga sama saja. Udara dihisap melalui depan pintu lemari asam dan kemudian dikeluarkan di blower hisap kemudian menuju keluar gudang/bahan penyaring. Pada bagian depan dari lemari asam dapat dibuka. Sehingga udara yang ada dalam ruang proses di lemari asam fume hood kayu ini berpotensi dapat bercampur dengan aliran udara di ruangan laboratorium. Untuk menghindari bahaya itu, maka aliran udara itu merupakan titik kritis dari adanya sebuah alat lemari asam. Desain dari lemari asam dan juga unjuk kerjanya difokuskan guna menghindari bahaya. Yakni adanya percampuran  air di lemari asam masuk ke ruang laboratorium.

Bahan Pembuatan Lemari Asam

Sirkulasi udara di dalam lemari asam memegang peranan vital dari aman atau tidaknya lemari asam. Disamping itu adanya bahan bahan yang dipakai dalam lemari asam juga sebaiknya tahan dari bahan kimia.

Ada 3 komponen kimia yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan baku lemari asam. Komponen tersebut ialah:

  1. Tahan terhadap kontaminasi bahan-bahan kimia organik, seperti contohnya pelarut organik
  2. Tahan terhadap kontaminasi bahan-bahan kimia yang sifatnya korosif, seperti contohnya asam dan basa.
  3. Tahan terhadap adanya ledakan.

Ketiga komponen itu menjadi pertimbangan yang utama di dalam memilih lemari asam disamping dari desain dan harganya.

Dipta Cipta Lab adalah authorized dealer lemari asam fume hood kayu dan menyediakan lemari asam yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami mensuplai kebutuhan lemari asam Anda. Konsultasikanlah dengan kami sehingga lemari asam yang akan Anda beli tersebut akan sesuai dengan harapan Anda. Selain lemari asam fume hood kami juga menyediakan alat laboratorium lainnya seperti island bench, laminar air flow, dan juga wall bench.

Kami perusahaan yang memproduksi lemari asam modern  dan juga mesin untuk kebutuhan yang lain seperti alat pertanian, alat laboratorium, alat dan mesin marka jalan, mesin kopi, alat pertambangan, alat sawit, alat dan mesin untuk rumah potong hewan dan rumah potong ayam, mesin pembuat bakso dan juga alat-alat olahraga. Apabila anda berminat segera hubungi kami.

Supply High Performance Product and Providing Quality Services.

Company Name :
PD. Karya Mitra Usaha

Company Address :
Ruko Taman Yasmin Ring Road Utara No 134
Bogor- Jawa Barat – Indonesia, 16112
Telp.+62-251-7543316, +62-21-70748483
Fax.+62-251-7543281

Jonny Sinaga
HP 0815 9935009
HP 0813 83 190 190

e-mail   :    karyamitrausaha@yahoo.com